Jurnal Akuntansi dan Manajemen
Vol 18 No 2 (2021)

Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius

Diah Pranitasari (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta)
Ahmad Nurafif Sidqi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan pada kualitas layanan elektronik yang diberikan Shopee dengan menggunakan E-Service Quality dan metode Diagram Kartesius atau Importance Performance Analysis (IPA). Pengukuran penilaian pelanggan menggunakan perhitungan kesenjangan dengan menguhitung selisih antara tingkat persepsi pelayanan yang diberikan dengan tingkat harapan pelanggan. Penelitian dilakukan pada mahasiswa/i Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia dan mahasiswa/i Universitas Negeri Jakarta, dengan jumlah sampel sebanyak 200 mahasiswa/i. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi yang telah memenuhi kepuasannya yaitu Efficiency, Reliability, dan Responsiveness. Sedangkan dimensi e-servqual yang belum memenuhi kepuasan pelanggan adalah dimensi Fulfillment, Privacy, Compensation, dan Contact. Kata Kunci: E-Service Quality, Diagram Kartesius, Importance Performance Analysis

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Akuntansi dan Manjemen (JAM) has been published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. JAM published two times a year in April and October. Jurnal Akuntansi dan Manjemen focuses on issues pertaining empirical investigation on Indonesian accounting and management. JAM aimed to ...