Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS
Vol. 6, No. 2

Tanggapan Masyarakat terhadap Pondok Pesantren Darul Ilmi dalam perspektif pendidikan

Muhammad Efendi (Universitas Lambung Mangkurat)
Kukuh Ranom Prayoga (Universitas Islam Negeri Antasari)
Muniratul Mukaramah (Kementerian Agama Republik Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Pondok pesantren merupakan bagian dari lembaga pendidikan yang berupaya membina, mendidik, membimbing dan mengembangkan setiap potensi yang ada dalam diri manusia. Sejauh mana pondok pesantren berperan dalam bidang pendidikan akan terus berlanjut oleh masyarakat yang selalu mengharapkan terciptanya lingkungan yang sejahtera dan terpenuhinya kebutuhan disektor keagamaan. Tanggapan masyarakat menjadi faktor yang menentukan berhasil atau tidaknya pondok pesantren dalam membina santri-santrinya. Penelitian ini berfokus pada Tanggapan masyarakat terhadap pondok pesantren  Darul Ilmi dalam perspektif pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dalam mengumpulkan data lapangan. Objek dalam penelitian ini adalah ponpes Darul Ilmi yang berhubungan dengan bagaimana tanggapan masyarakat terhadap lembaga tersebut. Subjek penelitianya adalah masyarakat yang berada di kelurahan Landasan Ulin, selanjutnya analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini berupa penilaian masyarakat bahwa pondok pesantren Darul Ilmi kota Banjarbaru berhasil dan tepat guna dalam memberikan pendidikan agama Islam kepada para santrinya.Kata Kunci: Tanggapan; Pondok Pesantren; pendidikanDOI:  http://dx.doi.org/10.17977/um022v6i22021p69

Copyrights © 2021