Tujuan penelitian ini adalah memahami bentuk dan dampak peran keluarga dalam dalam pembelajaran daring. Orang tua merupakan guru pertama bagi anak sebelum masuk ke jenjang pendidikan dasar. Bentuk pengasuhan terhadap anak tentu mempengaruhi perilaku anak sehari-hari. Ada tiga bentuk peran orang tua yang meliputi otoriter, demokratis dan permisif. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan secara online tidak tatap muka langsung namun dengan bantuan gadget. Jenis penelitian ini dalah kualitatif diskriptif dengan subyek penelitian siswa kelas V SD Tambahagung. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan temuan penelitian empat subjek menggunakan peran demokratis. Tiga subjek menggunakan peran permisif serta seorang subjek yang menggunakan peran otoriter. Pembentukan peran orang tua dipengaruhi oleh pekerjaan dan tingkat pendidikan. Sementara itu hasil peran orang tua dalam pembelajaran daring diantaranya lima subjek berperan dalam aktivitas pembelajaran daring anak dan tiga orang tua tidak berperan dalam aktivitas belajar.
Copyrights © 2021