Edukasi: Journal of Educational Research
Vol. 1 No. 2 (2021)

Peningkatan Penulisan Artikel Mahasiswa bagi Akselerasi Publikasi Ilmiah Pendidikan Tinggi

Salamah, Nyimas Shoffah Shofiyatus (Unknown)
Darmalaksana, Wahyudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi signifikansi publikasi ilmiah akademisi pendidikan tinggi, khususnya akademisi bidang agama dan tidak terkecuali kalangan mahasiswa yang dipandang masih langka dalam melakukan publikasi artikel di jurnal ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis target capaian mata kuliah dengan keluaran publikasi artikel di jurnal ilmiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi lapangan dengan menerapkan metode deskriptif-analitis. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa keluaran mata kuliah berupa publikasi artikel di jurnal ilmiah telah menghasilkan pencapaian yang signifikan, meskipun dijumpai berbagai kendala, seperti mahasiswa tidak semua mempunyai fasilitas laptop, beban tugas-tugas mata kuliah yang menumpuk hingga memalingkan konsentrasi, dan terkendala kesulitan menentukan jurnal bagi pengiriman artikel ilmiah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sungguh pun capaian mata kuliah dengan keluaran penulisan artikel dinilai cukup efektif bagi akselerasi publikasi ilmiah pendidikan tinggi, namun tetap diperlukan dispensasi beban tugas-tugas mata kuliah, pembentukan jurnal ilmiah khusus mahasiswa, dan termasuk reward publikasi ilmiah mahsiswa. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pengelolaan publikasi ilmiah mahasiswa secara memadai khususya di pendidikan tinggi keagamaan. Penelitian ini diharapkan memiliki implikasi manfaat bagi perumusan kebijakan penulisan artikel dan publikasi ilmiah di pendidikan tinggi keagamaan Islam.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edukasi: Journal of Educational Research (E-ISSN: 2776-7809) is a peer-reviewed journal dedicated to the promotion and dissemination of scientific research. Special attention is paid to works related to education using an interdisciplinary perspective, especially in the patterns of religious ...