Pembelajaran jarak jauh merupakan solusi yang digunakan pemerintah selama pandemi masuk ke Indonesia. Perubahan sistem pembelajaran menjadi permasalahan tersediri untuk sekolah dan guru, dimana sekolah dan guru harus mempersiapkan media dan model pembelajaran yang baru agar sesuai dengan sistem pembelajaran yang digunakan, beberapa pengaruh pembelajaran jarak jauh ini adalah kreativitas siswa menurun dalam pembelajaran. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian pembuatan aksesoris tari selama pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan kreativitas siswa, penelitian ini bertujuan untuk referensi guru dalam pemanfaatan sampah plastik sebagai media pembuatan aksesoris tari dan meningkatkan kreativitas siswa agar bisa membuat aksesoris tari yang memiliki nilai jual. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one shot case studyi. Lokasi penelitian dilakukan di SMK Kesenian Putera Nusantara Majalengka dengan sample 10 siswa tari kelas X, teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria khusus yaitu memiliku gadget dan internet. Dalam proses perancangan perencanaan pembelajaran peneliti merancang RPP dan memilih model pembelajaran yang sesuai unutk digunakan dalam prose pembelajaran, model pembelajaran yang digunakan adalah Projec Based Learning, dalam proses pembelajaran siswa dapat merespon dengan baik, proses dilakukan selama 4 pertemuan dan setelah itu dilakukan post-test, nilai yang didaptkan dari post=test diuji dengan teknik product moment dan uji realibilitas. Uji product moment dilakukan untuk mencari r tabel dan r hitung, nila r hitung i yang didapat dalam penelitian ini lebih besar dari r tabel dengan sig 5% sehingga nilai yang didapat valid dan reliable
Copyrights © 2021