Masalah yang melatar belakangi dalam penelitian ini yaitu kurangnya motivasi, apresiasi siswa pada pembelajaran seni tari sehingga dibutuhkan pemanfatan dan inovasi penggunaan media pembejaran seni tari yang lebih menarik. Penelitian ini menganalisis perancangan, penerapan, dan hasil dari penggunaan berokan sebagai media pembelajaran tari yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa di SMP Negeri 26 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode pre-exsperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pedoman wawancara, observasi, dan angket merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti. Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran seni tari dengan mengguunakan berokan sebagai media pembelajaran tari merupakan tujuan dari penelitian ini. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan berokan sebagai media pembelajran tari dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaraan seni tari dilihat dari nilai analisis hasil pre-test dan post-tes yang menunjukan adanya penigkatan.
Copyrights © 2021