ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2 No 2 (2021): ELIPS, September 2021

ANALISIS PERANAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 8 MTS DDI TINIGI DALAM BIDANG MATEMATIKA

Amran Yahya (Universitas Sulawesi Barat)
Andriana Andriana (Universitas Sulawesi Barat)
Reski Amaliyah AR (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Deskripsi Peranan Orang tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 8 Mts DDI Tinigi Dalam Bidang Matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 siswa kelas VIII MTs DDI Tinigi, yang dipilih 3 siswa dari masing-masing kategori prestasi belajar yaitu prestasi belajar kategori tinggi, prestasi belajar kategori sedang dan prestasi belajar kategori rendah. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi, data hasil angket dan hasil wawancara yang dianalisis kemudian ditarik kesimpulan. Penelitian ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa peranan orang tua untuk prestasi belajar siswa kategori tinggi cenderung memenuhi indikator motivator, fasilitator dan monitor. Sedangkan untuk siswa dengan prestasi belajar kategori sedang, peranan orang tua cenderung memenuhi indikator motivator, membimbing dan fasilitator. Dan untuk prestasi belajar siswa dengan kategori rendah peranan orang tua lebih cenderung memenuhi indikator fasilitator.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...