KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra
Vol 5, No 1 (2021): JURNAL KREDO VOLUME 5 NO 1 TAHUN 2021

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK DI BANYUASIN

Susilawati Susilawati (Universitas PGRI Palembang)
Dessy Wardiah (Unknown)
Arif Ardiansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses danĀ  hasil pembelajaran bahasa Indonesia dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi melaluiĀ  pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan repleksi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 1 Banyuasin III yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data yakni teknik analisis data observasi dan analisis data tes. Analisis data berupa siklus I dan siklus II membuktikan bahwa kemampuan menulis puisi melalui pendekatan kontekstual pada peserta didik SMP Negeri 1 Banyuasin III mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata menulis puisi pada prasiklus sebesar 62,5; siklus I sebesar 70; dan siklus II sebesar 83,7. Peningkatan nilai rata-rata pada siklus II telah memenuhi nilai ketuntasan belajar peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kredo

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ilmiah "Kredo" merupakan jurnal ilmiah bahasa dan sastra, yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun, yakni pada tiap bulan Oktober dan ...