AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 10, No 3 (2021)

Lapisan Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Soal Logaritma

Imanuel Gery Donuata (Universitas Kristen Satya Wacana)
Fika Widya Pratama (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lapisan pemahaman konsep mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan soal logaritma. Teori yang digunakan dalam mendeskripsikan lapisan pemahaman konsep adalah teori Pirie & Kieren yang terdiri dari delapan lapisan, antara lain primitive knowing, image making, image having, property noticing, formalizing, observing, structuring, inventising. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih 3 mahasiswa aktif dengan IPK tertinggi pada angkatan 2018, 2019 dan 2020 program studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan instrumen pendukung berupa soal tes dan pedoman wawancara. Metode tes berupa soal persamaan logaritma dan metode wawancara digunakan untuk memperoleh data penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek 1 dan subjek 2 telah mencapai lapisan kedelapan, yaitu inventising. Sedangkan subjek 3 mencapai lapisan ketujuh, yaitu structuring. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa calon guru matematika telah mencapai lapisan kedelapan, yaitu inventising.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...