Adz Dzahab : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Vol 6 No 2 (2021): Adz-Dzahab Volume 6 Nomor 2 Oktober Tahun 2021

RELEVANSI WAKTU SENGGANG TERHADAP KONSUMSI BERLEBIH DI ERA POSTMODERN

Nuraida Fitriah Bohari (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Nurul Pratiwi (Unknown)
Nela Novyanti (Unknown)
Ainun Awaliah (Unknown)
Deril Deril (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Artikel ini berjudul relevansi waktu senggang terhadap konsumsi berlebih di era postmodern. Waktu senggang pada masyarakat postmodern lebih condong untuk melakukan aktivitas berupa mencari hiburan bahkan seringkali menghabiskan waktu begitu. Postmodern dengan kemudahannya telah menciptakan banyaknya waktu senggang akibat mudahnya pekerjaan dengan teknologi. Hal yang mendorong penulis melakukan penelitian ini adalah untuk meluruskan pemahaman mengenai waktu senggang yang sebenarnya dalam masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif atau library research, objek pembahasan dalam penelitian ini bersumber dari penelitian, jurnal, dan buku yang terkait dengan topik ini. Hasil dari penelitian ini adalah pada era postmodern waktu senggang tidak lagi digunakan untuk melakukan hal produktif tetapi menjelma menjadi suatu waktu melepas penat dari berbagai kesibukan menciptakan the leisure class yakni kalangan yang menghabiskan waktu senggangnya untuk mengkonsumsi secara berlebihan demi mengikuti gaya hidup hedonis. Artikel ini menunjukkan bahwa masyarakat post modern telah salah dalam penafsiran waktu senggang. Yang seharusnya ialah waktu untuk mengembangkan potensi diri dan menciptakan karya dan tidak melihat konsumsi dalam sudut pandang kepuasan melainkan kegunaan dari sebuah objek konsumsi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

adz-dzahab

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam memuat tentang kajian tentang ekonomi dan bisnis islam, bersifat syariah. dikelola oleh prodi Ekonomi Syariah. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Mei dan bulan November setiap tahun. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam menerbitkan artikel yang telah ...