Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan lintasan belajar dalam pembelajaran materi himpunan dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.. Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dan masih terbatasnya bahan ajar yang digunakan saat proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Free Methodist 1 Medan. Jenis pelitian yang digunakan adalah penelitian desain. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. Langkah penelitian adalah dengan mengikuti fase pembelajaran PBL yaitu a) menyampaikan tujuan pembelajaran agar peserta didik dapat mengatur strategi belajar yang akan digunakan tentang materi irisan dan gabungan himpunan. b) Membentuk kelompok belajar yang heterogen dan memberikan masalah berbentuk LKPD. c) Mendampingi peserta didik untuk memahami LKPD. d) Setelah masalah pada LKPD dapat dipecahkan peserta didik, maka hasil kerj dipresentasikan. e) Bersama sama mengevaluasi proses pembelajaran. f) Peneliti memberikan tes yang berkaitan dengan masalah nyata terkait materi irisan dan gabungan himpunan untuk dianalisa berdasarkan kemampuan peserta didik memecahkan masalah.
Copyrights © 2021