Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 5, No 6 (2021)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KELAS V SD

Rotua Batubara (Universitas Katolik Santo Thomas, Medan)
Patri Janson Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas, Medan)
Anton Sitepu (Universitas Katolik Santo Thomas, Medan)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2021

Abstract

Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptik analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V B semester II (Genap) di SD Negeri 067245 Bunga Asoka Tahun Pembelajaran 2020/2021 yang berjumlah 29 orang. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, penelitian melakukan Pre Test dengan rata-rata 63.72 dapat dikatakan kemampuan awalnya cukup. Hasil dari Post Test tersebut memiliki peningkatan dari hasil Pre Test yang diberikan sebelumnya. Hasil Post Test  yang sudah diujikan sebesar 80.55 dapat dikatakan tingkat keberhasilan keterampilan berpikir kritisnya meningkat.Hasil koefisien korelasi membuktikan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Berbasis Masalah (X) terhadap keterampilan berpikir kritis (Y) dengan hasil rhitung > rtabel dengan hasil 0.852 > 0.367. Pada uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dari perhitungan data yang dilakukan, hasil pengujian yaitu thitung > ttabel hasilnya 8.478 > 1.703 dengan taraf signifikan (α = 0.05). Berdasarkan hasil data yang diperoleh dari penelitian di SD Negeri 067245 Bunga Asoka dapat dikatakan bahwa dengan model pembelajaran Berbasis Masalah sangat efektif dalam pembelajaran tematik di kelas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...