Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 5, No 6 (2021)

ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 6 RAMBAH SAMO KABUPATEN ROKAN HULU

Zikri Zikri (Universitas Riau)
Hadriana Hadriana (Universitas Riau)
Sumarno Sumarno (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2021

Abstract

Setiap sekolah sebagai suatu organisasi memiliki kendala di luar lingkungannya yang mempengaruhi cara menjalankan aktivitasnya. Kendala tersebut dapat mengubah dan menentukan ketidakpastian lingkungan organisasi sekolah, karena membuat lingkungan menjadi dinamis dan kompleks. Ketidak pastian lingkungan membuat kepala sekolah sebagai pemimpin organisasi sulit untuk mengontrol arah institusi untuk mencapai tujuan mereka.Gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan dan menganalisis gaya kepemimpinan kepala SMP Negeri 6 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu dan 2) mendeskripsikan dan menganalisis faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan kepala SMP Negeri 6 Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kualitatif, dengan pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan trianggulasi sumber, metode dan teori.Hasil penelitian ini diketahui bahwa tipe kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah di SMP Negeri 6 Rambah Samo adalah managerial learship sesuai dengan teori Bush. Aspek pada gaya kepemimpinan yang telah berjalan dengan baik seperti inisiatif bawahan, pemberian sanksi/hukuman, pemberian penghargaan terhadap prestasi, dan rapat kerja. Namun aspek gaya kepemimpinan seperti pengambilan keputusan, menjalin komunikasi, membagi tugas, memonitoring/pengawasan pelaksanaan tugas masih perlu ditingkatkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...