Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 3 (2022)

Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran

Bahran Taib (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Khairun Ternate)
Nurhamsa Mahmud (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Khairun Ternate)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Salah satu dampak dari penyebaran Covid-19 bagi kebijakan pendidikan di Indonesia adalah diberlakukannya pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring. Sehiungga guru PAUD dituntut untuk memiliki kempetensi membuat media pembelajaran daring yang menyenangkan bagi siswa agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai, salah satunya adalah pembuatan video pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana kompetensi guru PAUD di Ternate Utara dalam membuat media video pembelajaran. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dari bulan Maret sampai Juni 2021. Subjek penelitian ini adalah 8 guru dan 4 kepala sekolah PAUD di Ternate Utara. Kompetensi guru dalam membuat media video pembelajaran masih rendah, guru  yang bisa membuat media video pembelajaran hanya 6 orang (28,58%) dari 21 guru, tetapi kualitas video pembelajaran  yang dihasilkan masih belum sempurna karena guru merekamnya melalui HP dan tanpa editing. Guru juga belum bisa mengunggah video pembelajaran yang telah jadi ke portal belajar atau situs web seperti Youtube.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...