Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
Vol 4, No 1 (2021): Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), August

Partisipasi Masyarakat Terhadap Penanganan Permukiman Kumuh (Studi Kasus Di Kampung Ketupat Kecamatan Samarinda Seberang)

Yaskinul Anwar (Universitas Mulawarman)
Iya' Setyasih (Universitas Mulawarman)
Herlan Herlan (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2021

Abstract

Kampung Ketupat merupakan permukiman kumuh yang berada dibantaran Sungai Mahakam. Dengan adanya permukiman kumuh di Kampung Ketupat maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat terhadap penanganan permukiman kumuh di Kampung Ketupat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil kuisioner responden. Kondisi permukiman kumuh di Kampung Ketupat masih dalam kondisi kumuh karena penanganan oleh pemerintah belum sepenuhnya ditangani. Penanganan yang telah dilakukan oleh pemerintah baru perbaikan akses jalan dan pengecatan dibagian depan rumah sedangkan rumah yang berada ditubuh sungai belum ditangani. Tingkat partisipasi terhadap penanganan permukiman kumuh di Kampung Ketupat Kecamatan Samarinda Seberang berdasarkan hasil skor kuesioner dapat diliihat untuk tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan pemanfaatan hasil termasuk dalam kategori sangat tinggi sedangkan tahap evaluasi dan monitoring masuk kategori kategori tinggi. Dari empat tahapan tersebut jika dilihat reratanya masuk dalam kategori sangat tinggi. Partisipasi masyarakat terhadap penanganan permukiman kumuh masuk dalam kategori sangat tinggi yang mana masyarakat ikut berperan mulai tahap perencanaan sampai pemanfaatan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jehss

Publisher

Subject

Health Professions Public Health Social Sciences

Description

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), publish by Mahesa Research Center, for sources of information and communication for academics and observers about science and methodology. Published papers are the results of research, reflection, and actual critical studies with respect ...