Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS
Vol. 15 No. 2 (2021): OKTOBER

Hasil Belajar: Snowball Throwing dan Motivasi Belajar

Yuli Astutik (Universitas Kanjuruhan Malang)
Lilik Sri Hariani (Universitas Kanjuruhan Malang)
Lasim Muzammil (Universitas Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran snowball throwing dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa Kelas Tinggi, (2) pengaruh pembelajaran snowball throwing dengan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa Kelas Kelas Tinggi, dan (3) pengaruh motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa Kelas Tinggi SDN Randuati Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SDN Randuati Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan, seluruhnya sebanyak 273 siswa. Sampel penelitian adalah siswa Kelas Tinggi sebanyak 138 siswa dengan teknik sampel total. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen. Sedangkan untuk hasil belajar mata pelajaran IPS menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran snowball throwing dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa Kelas Tinggi, (2) ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran snowball throwing dengan motivasi belajar siswa Kelas Tinggi , dan (3) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa Kelas Tinggi di SDN Randuati Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan (a) Agar dapat mengoptimalkan hasil belajar peserta didik perlu dilakukan pendekatan-pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam belajar, sehingga hasil belajarnya dapat meningkat (b) Agar tercipta suasana belajar yang kondusif dalam pembelajaran mata pelajaran IPS maupun mata pelajaran lainnya di sekolah dasar, guru perlu melakukan inovasi-inovasi model pembelajaran yang berdasarkan hasil berbagai riset. (c) Bagi peneliti-peneliti lainnya yang tertarik untuk mengkaji lebih lanjut penelitian ini, disarankan untuk mengkaji lebih detail tentang variabel-variabel lainnya yang diduga memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS adalah open access jurnal, dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah sebagai wadah pengembangan konsep, teori, serta aplikasinya yang berkontribusi terhadap pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia. JPPI terbit dua kali ...