Indonesian Gender and Society Journal
Vol 1, No 2 (2020)

Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta Didik Melalui Whatsapp Diary Writing

Zainab, I. (Unknown)
Jaya, G. B. (Unknown)
Artini, L. P. (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Whatsapp Diary Writing untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik. Dalam hal ini, penulis melakukan Penelitian Tindkaan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan rekfleksi. Sebelum memberikan perlakuan, peserta didik kebingungan dalam menulis dalam Bahasa Inggris dengan pemilihan kosa kata dan penggunaan struktur kalimat yang baik. Peserta didik memiliki kesadaran yang lemah terhadap tata cara penulisan yang baik dan benar. Peserta dtidak mempuyai waktu lebih untuk melakukan latihan menulis. Oleh karena itu, penulis memilih dalam Whatsapp Diary Writing untuk memberikan kesempatan lebih menulis kepada peserta didik. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan dua jenis instrumen penilaian, yakni tes dan observasi untuk guru dan peserta didik. Setelah memberikan perlakuan, penulis menarik kesimpulan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis peserta didik melalui Whatsapp Diary Writing. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IGSJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Indonesian Gender & Society Journal, the official journal of Sociologists for Women in Society. Articles analyze gender and gendered processes in interactions, organizations, societies, and global and transnational spaces. The journal publishes empirical articles, along with reviews of ...