Artikel ini membahas tentang penggunaan audio-visual sebagai media pembelajaran Biologi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan respon siswa terhadap media pembelajaran berbentuk audio-visual. Produk dirancang untuk siswa kelas XI pada mata pelajaran Biologi dengan materi anatomi tumbuhan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4D (define, design, develop, dan disseminate). Tahap diseminasi hanya dilakukan terbatas pada siswa kelas XI SMAN 1 Randudongkal Pemalang. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, dan calon pengguna. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuisioner. Hasil validitas penggunaan media audio-visual sebagai media pembelajaran mata pelajaran biologi sangat valid dengan nilai rata-rata persentase 90%. Untuk perolehan nilai dari respon siswa sebesar 84%. Hal ini menunjukkan bahwa media audio-visual sangat layak digunakan dalam pembelajaran biologi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 0000