Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Vol 16, No 1 (2020): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis

MARKETING ISLAM DI DASARKAN PADA HUKUM ISLAM

A. M. Jum’ai (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2021

Abstract

Melihat perkembangan yang semakin canggih seperti saat ini, generasi Ztidak lepas dari dunia teknologi, baik dunia ekonomi maupun bisnis yangberkembang seiring dengan itu, diperlukan ilmu agama untuk menjaga batas-batasyang sesuai dengan syariat Islam. Pasar Islam adalah pasar emosional, sedangkanpasar konvensional adalah pasar rasional. Dengan demikian, masyarakat akantertarik untuk berbisnis di pasar syariah karena alasan agama yang lebih bersifatemosional, mengingat mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam sebagaipangsa pasar yang besar.Pemasaran dalam Islam merupakan salah satu bentuk muamalah yangdibenarkan dalam Islam, selama proses transaksinya dilindungi dari hal-hal yangdilarang oleh ketentuan syariah. Muhammadiyah membantu warganya yangmemiliki kemauan dan komitmen untuk berbisnis, melalui upaya AngkringanMuhammadiyah memberikan bantuan gerobak dan juga bantuan usaha berupasembako dalam usaha angkringan, bantuan ini tidak diperlukan untukmenggantikan harga gerobak atau uang material.Anggota terdaftar yang telah mendapat bantuan akan diajar dan dibimbinguntuk mengembangkan bisnisnya. Setiap anggota perlahan-lahan akanmengeluarkan sedekahnya untuk dibagikan kepada anggota lainnya. Cara ini dapatmembangun ekonomi Islam dan kerukunan dalam masyarakat. Terbentuknyaharmoni ini akan menciptakan rasa persaudaraan yang kuat dan kesatuan yang utuhkarena adanya rasa kebersamaan dan ikatan yang kuat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

vadded

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis strives to publish scientific research articles reporting empirical results as well as conceptual ideas in the field of management, such as strategic management, marketing management, human resources management, technology management, finance management, ...