Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Vol 15, No 1 (2019): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis

ANALISIS PENGARUH PERSONAL TRUST, MODAL INTELEKTUAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KLIEN

Hermawan . (Unknown)
Suwardi . (Unknown)
Setia Iriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2021

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis saat ini, maka semakin sulit juga bagi seorang konsultan pajakuntuk dapat menjaga kesetiaanpelanggannya agar tidak berpindah ke konsultan pajak lain. Oleh karena itu seorangkonsultan pajak harus dapat menjaga loyalitas klien dengan memberikan pelayananyang baik, kepercayaan untuk pelanggan dan modal intelektual yang tinggi. Untukitu dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh personal trust,modal intelektual dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas klien di kantor KKPKonsultan Manajemen Rizqi Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh wajib pajak atau klien pengguna jasa Kantor Konsultan Pajak Manajemen Rizqi yang berdasarkan catatanpada tahun 2018 sebanyak 84 wajib pajak dengan teknik sampling adalah sensussampling. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan uji regresilinier berganda. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa seluruh variabel dalam penelitian yang meliputi personal trust, modal intelektual dan kualitaspelayanan baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh terhadaployalitas klien di kantor KKP Konsultan Manajemen Rizqi Semarang, maka secarastatistik dinyatakan bahwa semua hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas diharapkan bahwa hasil penelitian memberikan rekomendasi kepada kantor KKP Konsultan ManajemenRizqi Semarang untuk mempertahankan personal trust, modal intelektual dankualitas pelayanan guna menjaga loyalitas klien.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

vadded

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis strives to publish scientific research articles reporting empirical results as well as conceptual ideas in the field of management, such as strategic management, marketing management, human resources management, technology management, finance management, ...