Latar Belakang: Tingkat kepuasan pasien akan sangat dipengaruhi oleh mutu pelayanan keperawatan. Masyarakat selalu mengharapkan agar pelayanan rumah sakit, baik milik pemerintah maupun swasta dapat memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan bagi setiap pengguna yang memanfaatkannya. Dengan demikian pihak rumah sakit dituntut untuk selalu berusaha meningkatkan layanan kepada pasien. Mutu pelayanan yang sempurna dapat menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien. Kepuasan muncul akibat dari kinerja layanan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkan. Tujuan: Mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap rumah sakit. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian literatur review dengan metode pencarian artikel menggunakan SPIDER. Database yang digunakan yaitu Google Scholar, PubMed, dan Science Direct dengan artikel penelitian yang diterbitkan mulai dari tahun 2014-2020. Jumlah artikel jurnal sebanyak 8 artikel yang dianalisis. Hasil: Menunjukkan bahwa responden merasa sangat puas dengan aspek daya tanggap dengan ketanggapan memberikan layanan keperawatan terhadap pasien. Dengan demikian daya tanggap yang tinggi dari pihak pengelola rumah sakit akan memberikan rasa kepercayaan pada pasien bahwa mereka akan selalu tertolong. Kesimpulan: Kepuasan merupakan suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan yang di perolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Jika pasien tidak puas terhadap pelayanan keperawatan yang diberikan, dia tidak akan mencari layanan itu atau menerimanya, walaupun layanan tersebut tersedia, mudah di dapat dan di jangkau.
Copyrights © 2020