Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2018): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR YANG DIPENGARUHI OLEH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE

Hatika, Hatika (Unknown)
Fattah, Hussein (Unknown)
Saluza, Imelda (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe thik talk write terhadap hasil belajar matematika materi aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan true eksperimental (ekperimen yang betul-betul) dan bentuk rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttet-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim Tahun Ajaran 2015/2016, yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas VIIIA berjumlah 24 siswa, kelas VIIIB berjumlah 25 siswa, kelas VIIIC berjumlah 24 siswa, kelas VIIID berjumlah 26 siswa, kelas VIIIE berjumlah 27 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIIA berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan simple random sampling.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpmatematika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika is a double blind peer-reviewed journal which is published by Mathematics Education Study Programme of Teacher Training and Education Faculty of Universitas Muhammadiyah Palembang. This journal publishes current concept and research papers on in the scope of ...