Tujuan Penelitian untuk: (1) Mendiskripsikan pelaksanaan program kegiatan sekolahDasar (SD) terhadap pengelolaan BOS di SD Negeri Joglo Kadipiro Kecamatan BanjarsariKota Surakarta. (2) Mengetahui optimalisasi partisipasi komite sekolah/masyarakat dalampengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), yang memiliki peran paling pentingdalam jenjang pendidikan dasar, melalui program pemerintah untuk penyediaan pendanaanbiaya operasi non personalia pelaksanaan program wajib belajar, telah berjalan sejak tahun2004 namun belum juga memadai sesuai dengan keinginan dan harapan kemajuan sekolah.(Irfan 8 Juni 2011). Metode penelitian dengan deskriptif kualitatif (Sugiyono, 2006: 295)teknik dan pengumpulan data melalui data primer dan data sekunder. Data primer berupainformasi mengenai informant, (site inspection), terdiri dari para anggota komitesekolah/orang tua/wali murid SD Negeri Joglo Kadipiro Banjarsari Surakarta dan stakeholders terkait. Teknik pengumpulan data melalui: a.Participant observation); b.FocusGroup Discussion, c. n-depth interview, d, Documentary study). Hasil penelitian berdasarkansurvey dan wawancara mendalam secara bertahap di (SD) Joglo Kadipiro KecamatanBanjarsari Surakarta yang dipimpin oleh kepala sekolah Kustinah, S.Pd, M.Pd, bahwa SDyang dipimpinnya dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan proses pendidikan danpembelajaran untuk memenuhi kebutuhan sejumlah 477 siswa di SD Joglo Kadipiro,sejumlah 12 kelas paralel dari kelas 1a dan 1b sampai dengan kelas 6a dan 6b, belum cukupuntuk memenuhi standart prasarana dan sarana sekolah tersebut, bila bergantung pada danaBOS dari pemerintah kota Surakarta, maka perlunya optimalisasi peran Komite Sekolahmenggali usaha lain sesuai dengan Permendiknas No 37/2010 tentang Juknis Dana BOS2011, bahwa sekolah harus mempublikasikan dana BOS yang dikelolanya.Kata Kunci: Komite Sekolah, Bantuan Operasional Sekolah (BOS).
Copyrights © 2016