Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat)
Vol 4, No 4 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat

PEMANFAATAN GOOGLE ADS SEBAGAI PENUNJANG BISNIS UMKM DIMASA PANDEMI COVID-19

Rinny Meidiyustiani (Universitas Budi Luhur)
Indah Rahayu Lestari (Universitas Budi Luhur)
Desi Natalia (Universitas Budi Luhur)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2021

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh UMKM selama pandemik Covid-19 ini antara lain penurunan penjualan, kesulitan bahan baku, distribusi terhambat, permodalan dan produksi menurun. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah: (1) Menguatkan strategi penjualan dengan menggunakan platform online. (2) Memperkenalkan pemilik UMKM mengenai aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk membantu pengembangan bisinis, (3) Memaksimalkan memanfaatkan penjualan dengan platform online, (4) Memperkenalkan menggunakan Googe Ads untuk menunjang bisnis kepada UMKM. Metode yang dilakukan berupa: persiapan, pelaksanaan yang didalamnya terdapat evaluasi kegiatan. Setelah dilakukannya kegiatan UMKM dapat mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan penjualan dengan dengan platform onlie, terutama dengan menggunakan Google Ads untuk menunjang bisnis. Dengan demikian peluang pelaku UMKM untuk menarik kelompok pelanggan yang tepat pun menjadi lebih besar. Aplikasi ini bissa mulai digunakan oleh UMKM. Dengan menggunakan aplikasi ini juga arus pengeluaran juga dapat lebih mudah dikendalikan, dan UMKM dapat mencapai hasil maksimal dan efisien, sesuai dengan target penjualan yang diharapkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pkm

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) focuses on publishing articles about the results of community service activities in any form, whether in the form of products or in the form of modules and methods. This journal contains publications from all fields of science, both education, arts and ...