Arsitekta
Vol. 2 No. 02 (2020): Arsitekta : Jurnal Arsitektur Kota dan Berkelanjutan

Kajian Semiotika Iklan Media Luar Ruang Yang Terletak Di Nodes Dalam Teori Image Of The City, Studi Kasus: Kota Jakarta Dan Bandung

Mohamad Wisnu Ibadi (Dosen)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Kevin Lynch di dalam bukunya yang berjudul Image of the City, menyatakan unsur-unsur visual lingkungan yangterdapat pada elemen-elemen kota seperti Path, Nodes, District, Edges, dan Landmark, memiliki perananpenting dalam membentuk citra kota bagi warga kota dan pengamat. Dari penelitian sebelumnya, periklananmedia ruang luar (reklame) pada kota-kota di Indonesia saat initernyata telah dengan sangat masif menempatilokasi-lokasi strategis yang terdapat pada elemen-elemen kota dalam teori Image of The City. Iklan Media LuarRuang atau dikenal oleh Pemerintah Daerah dengan nama Reklame di Dinas Pendapatan Daerah, adalah Iklanyang terletak di ruang publik perkotaan dan daerah dalam bentuk billboards, spanduk dan lain-lain.. Penelitianini bertujuan untuk mengkaji Iklan Media Luar Ruang dari Ilmu Semiotika dengan menggunakan metodepenelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk pemerintah daerahuntuk lebih memperhatikan pengaruh Iklan Media Luar ruang terhadap ruang publik perkotaan yang seharusnyamenjadi milik warga kota. Penelitian ini mengkhususkan kepada Iklan Media Luar Ruang terletak di Nodes dalamImage of The City dengan mengambil studi kasus di kota Jakarta dan Bandung.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

arsitekta

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Arsitekta : Jurnal Arsitektur dan Kota Berkelanjutan adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Arsitektur Tanri Abeng University dengan frekuensi terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan November. Jurnal ini adalah media bagi para dosen, peneliti, mahasiswa dan praktisi untuk ...