Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 5 No 4 (2019)

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Gerak dan Gaya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Anikmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VIII A SMPN 1 Tanjung. Agar pembelajaran IPA, baik yang berhubungan dengan biologi, fisika dan kimia dapat berhasil dan berdaya guna secara optimal khususnya di SMPN 1 Tanjung, maka dilaksanakan suatu penelitian yang menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di Kelas VIII A SMPN 1 Tanjung berlangsung pada semester I Tahun Pelajaran 2018/2019.Pengumpulan data diambil melalui dokumentasi hasil belajar siswa selama penelitian berlangsung dengan tidak mengesampingkan observasi, evaluasi,analisis, dan interpretasi terhadap jalannya kegiatan tindakan kelas.Adapun tindakan yang diberikan adalah memberikan diskusi kelompok belajar siswa Kelas VIII A dalam proses pembelajaran IPA, melalui penggunaan STAD ini mampu meningkatkan keaktifan, kreativitas, dan meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII A. Hasil penelitian menunjukan keaktifan belajar siklus I pertemuan pertama dan kedua keaktifan belajar termasuk kategori cukup dan Siklus II termasuk kategori baik. Pada Siklus I, pertemuan pertama hasil belajar siswa kurang tuntas > 80% dari 29 memiliki skor nilai di bawah nilai ketuntasan 60. Pertemuan kedua hasil belajar siswa berada kategori cukup tuntas > 80% nilai siswa berada pada nilai ketuntasan 60. Pada siklus II, pertama dan kedua di atas skor nilai 60 (> 80%) dari 29 siswa termasuk dalam kategori baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...