Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 6 No 2 (2020)

Evaluasi Sumatif Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran Tepat Guna di Sekolah Dasar (SD) Se-Kota Banjarmasin

Agus Salim (Unknown)
Agus Hadi Utama (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Media pembelajaran merupakan komponen pembelajaran yang menjadi bagian integral dari proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran membantu proses penyampaian pesan dari guru kepada siswa. Pemilihan media pembelajaran tepat guna menuntut dipergunakannya suatu prinsip-prinsip dan kriteria tertentu agar tepat dalam memilih suatu media pembelajaran, karena setiap media pembelajaran memiliki karakteristik dan spesifikasi kegunaan yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi sumatif ketepatan pemilihan media pembelajaran tepat guna yang digunakan oleh guru saat mengajar di sekolah dasar (SD) se-Kota Banjarmasin. Media pembelajaran tepat guna yang akan di evaluasi sumatif adalah semua mata pelajaran yang ditemukan oleh peneliti di sekolah dasar (SD) se-Kota Banjarmasin melalui metode populasi dan sampel menggunakan teknik purposive random sampling sebanyak 20 sekolah dasar (SD) se-Kota Banjarmasin. Metode pengumpulan data menggunakan Teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Dokumentasi dan observasi digunakan untuk mengetahui media pembelajaran yang digunakan guru, sedangkan wawancara untuk mengetahui kegiatan pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Teknik analisis data dalam evaluasi sumatif ini dilakukan secara deksriptif-kualitatif menggunakan model prinsip-prinisp dan kriteria yang digunakan untuk mengevaluasi ketepatan pemilihan media pembelajaran tepat guna yang terdiri dari empat komponen, yaitu: kesesuaian dengan materi, kesesuaian dengan karakteristik siswa, kesesuaian dengan gaya belajar siswa, dan kesesuaian dengan fasilitas pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemetaan ketepatan pemilihan media pembelajaran tepat guna di sekolah dasar (SD) se-Kota Banjarmasin telah memenuhi empat kriteria ketepatan pemilihan media pembelajaran yang tepat dengan kategori baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...