Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 7 No 1 (2021)

Meningkatkan Hasil Belajar Materi Globalisasi Melalui Pendekatan Saintifik Pada Kelas IX A SMPN 33 SATAP Hulu Sungai Tengah

Murniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar melalui penerapan pendekatan saintifik serta mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran materi globalisasi melalui pendekatan saintifik. Subjek dalam penelitian adalah 22 orang peserta didik kelas IX A SMPN 33 SATAP Hulu Sungai Tengah semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil belajar didapatkan dari tes, aktivitas belajar didapatkan dari lembar aktivitas peserta didik, dan pelaksanaan pembelajaran didapatkan dari lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar materi globalisasi yaitu ketuntasan klasikal 57,14% (siklus I) menjadi 77,27% (siklus II). Penerapan pendekatan santifik juga meningkatkan aktivitas belajar peserta dari 64,55% (siklus I) menjadi 74,09% (siklus II) dan pelaksanaan pembelajaran dari 73,08% (siklus I) menjadi 78,85% (siklus II).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...