Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar melalui penerapan pendekatan saintifik serta mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran materi globalisasi melalui pendekatan saintifik. Subjek dalam penelitian adalah 22 orang peserta didik kelas IX A SMPN 33 SATAP Hulu Sungai Tengah semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil belajar didapatkan dari tes, aktivitas belajar didapatkan dari lembar aktivitas peserta didik, dan pelaksanaan pembelajaran didapatkan dari lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar materi globalisasi yaitu ketuntasan klasikal 57,14% (siklus I) menjadi 77,27% (siklus II). Penerapan pendekatan santifik juga meningkatkan aktivitas belajar peserta dari 64,55% (siklus I) menjadi 74,09% (siklus II) dan pelaksanaan pembelajaran dari 73,08% (siklus I) menjadi 78,85% (siklus II).
Copyrights © 2021