Pembelajaran matematika tema Kecepatan dan Debit di kelas V SD Negeri Hapingin dirasa masih kurang menarik karena lebih banyak menggunakan metode ceramah yang kurang bervariasi. Siswa menjadi kurang bergairah dan motivasi sehingga cenderung pasif selama mengikuti pelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu dilakukan penelitian melalui pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terstruktur. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa serta mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan model inkuiri terstruktur. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester I tahun pelajaran 2019/2020.dengan subjek sebanyak 8 orang siswa. Penelitian berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data-data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui evaluasi dianalisis dengan teknik ketuntasan belajar. Adapun data aktivitas siswa dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh melalui pengamatan dianalisis melalui teknik persentase (%). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan, bahwa hasil belajar siswa siswa dapat ditingkatkan dari nilai rata-rata 64,25 dengan ketuntasan 62,50% (tidak tuntas) pada siklus I menjadi 73,75 dengan ketuntasan 100% (tuntas) pada siklus II. Aktivitas siswa dapat ditingkatkan dari 67,71% (cukup aktif) pada siklus I menjadi 73,96% (aktif) pada siklus II. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran materi klasifikasi makhluk hidup dapat terlaksana dengan semakin baik dari 76,67% (baik) pada siklus I menjadi 86,67% (baik) pada siklus II. Kepada guru SD disarankan untuk dapat mencoba menggunakan model inkuiri terstruktur baik pada pembelajaran matematika tema kecepatan dan debit atau pembelajaran lain yang sesuai karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021