Jurnal Bunga Rampai Usia Emas
Vol 2, No 2: Desember 2016

Pengaruh Penggunaan Metode Proyek Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Salsa Percut Sei Tuan T.A 2015/2016

Niken Farida (TK Salsa Percut Sei Tuan)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap perkembangan sosial anak kelompok usia 5-6 tahun di Tk Salsa Percut Sei Tuan. Pada penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelompok B1 sebagai kelas eksperimen dan kelompok B2 sebagai kelas kontrol. Yang ditentukan secara random dengan jumlah sampel disetiap kelas sebanyak 33 orang anak.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian post test only control design. Variabel bebas adalah metode eksperimen sedangkan variabel terikat adalah perkembangan sosial. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikasi pada taraf nyata α = 0,05.Hasil Analisis deskriptif  menunjukkan penggunaan metode proyek di kelas eksperimen lebih baik di bandingkan dari kelas kontrol. Skor tertinggi kelas eksperimen 13,  kelas kontrol 10. Rata-rata kelas eksperimen 11,12, untuk kelas kontrol 7,87. Jumlah  anak  di kelas eksperimen yang mendapat nilai di atas rata-rata lebih banyak ( 39,39 %. ) dibanding di kelas kontrol (30,30 %.). Sebaliknya jumlah anak  di kelas kontrol yang mendapat nilai  di bawah rata-rata (39,39%.) lebih banyak dibanding di kelas eksperimen (30,30%).Hasil uji hipotesis  diketahui t-hitung = 11,20 lebih besar dari t-tabel = 1,671. Hal ini menunjukkan  ada pengaruh yang signifikan  penggunaan metode proyek  terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Salsa Kec. Percut Sei Tuan  Tahun Ajaran 2015/2016

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jhp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, yaitu: Penelitian dan/atau gagasan ide serta hasil pengabdian masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini, meliputi pengembangan kognitif, fisik motorik, bahasa, nilai agama dan moral, sosial emosional, serta pengembangan seni dan kreativitas, ...