Jurnal Bunga Rampai Usia Emas
Vol 4, No 1: Juni 2018

Pengaruh Kegiatan Bernyanyi Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Hikmatul Fadhillah Kota Medan

Rizka Rahmadhani (Universitas Negeri Medan)
Jasper Simanjuntak (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2018

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa kemampuan berbicara anak belum berkembang secara maksimal maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bernyanyi terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Tk Hikmatul Fadhillah Kota Medan.Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yaitu Posttest Only Control Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel dengan cara acak. Cara acak/random dilakukan karena populasi anaknya di setiap kelas memiliki karakteristik yang sama dari segi usia yaitu TK B (5-6 Tahun). Untuk kelas eksperimen 15 orang anak dengan menggunakan kegiatan bernyanyi, dan kelas kontrol 15 orang anak menggunakan metode Tanya jawab di dalam kelas.Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan kegiatan bernyanyi berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berbicara anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung (10,58) > ttabel (1,701). Dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan         : Ada Pengaruh Yang Signifikan Antara Kegiatan Bernyanyi Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Hikmatul Fadhillah Kota Medan Tahun Ajaran 2016/2017

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jhp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, yaitu: Penelitian dan/atau gagasan ide serta hasil pengabdian masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini, meliputi pengembangan kognitif, fisik motorik, bahasa, nilai agama dan moral, sosial emosional, serta pengembangan seni dan kreativitas, ...