Jurnal Bunga Rampai Usia Emas
Vol 2, No 2: Desember 2016

Upaya Meningkatkan Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Mendongeng Di TK Dahlia Indah Laut Dendang T.A 2012/2013

Indri Antika (TK Dahlia Indah Laut Dendang)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai moral anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan mendongeng di TK Dahlia Indah Laut Dendang T.A 2012/2013.Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Dahlia Indah yang berjumlah 15 anak. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan nilai moral anak di TK Dahlia Indah Laut Dendang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Setiap siklus dilakukan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi nilai moral anak dengan indikator yakni: mematuhi perintah Tuhan YME, disiplin, rendah hati, hormat, santun, tolong menolong, dan peduli lingkungan. Hasil analisis pada siklus I menunjukkan tidak ada seorangpun anak yang tergolong baik sekali, 33,33% tergolong baik, 60% tergolong cukup baik, dan 6,67% tergolong kurang baik. Hasil analisis pada siklus II menunjukkan terdapat 80% tergolong baik sekali, 20% tergolong baik, serta  tidak ditemukan seorangpun anak yang tergolong dalam cukup baik dan kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan mendongeng dapat meningkatkan nilai moral anak. Oleh karena itu, kegiatan mendongeng dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan nilai moral anak di TK Dahlia Indah Laut Dendang. Serta diharapkan para pendidik dapat menerapkan kegiatan mendongeng ini dalam upaya meningkatkan nilai moral anak.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jhp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, yaitu: Penelitian dan/atau gagasan ide serta hasil pengabdian masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini, meliputi pengembangan kognitif, fisik motorik, bahasa, nilai agama dan moral, sosial emosional, serta pengembangan seni dan kreativitas, ...