Journal of Instructional and Development Researches
Vol. 1 No. 2 (2021): October

Literasi Digital Peserta Didik Sekolah Dasar: Sebuah Studi Kepustakaan

Mardiana (SDN 006 Sangkulirang- Dinas Pendidikan Kutim)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan literasi digital peserta didik sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian kepustakaan atau literatur research dengan langkah-langkah dalam penelitian ini dimulai dengan 1. Membuat kata kunci “literasi digital peserta didik”, “literasi digital masa Covid-19” dan “Dampak Covid-19”, 2. pencarian artikle melalui Google Cendekia/ google scholar, 3. Data yang terkumpul di bagi pada bagian penting. Analisis artikel dan disajikan datanya dan kemudian di analisa kualitatif deskriptif dengan miles dan hubermen penekanannya pada penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa konsep literasi digital menurut Bawden yang tersusun atas empat komponen yaitu kemampuan dasar literasi peserta didik dalam baca tulis, latar belakang pengetahuan informasi (tingkat intelektualitas), keterampilan di bidang TIK, serta sikap dan perspektif informasi (attitudes and perspective). Penekanann peserta didik dalam literasi digital sebagai kemampuan memanfaatkan teknologi, memaknai dan memahami, serta menilai kredibilitas informasi yang ada pada konten digital walaupun dalam masa Covid-19 saat ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIDeR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Instructional and Development Researches (JIDeR) is a scientific journal published by Indonesia Emerging Literacy Education. This journal publishes related research papers and covers a wide range of topics in the field of knowledge: learning research, educational development research. ...