Dalam proses pembelajaran guru masih belum maksimal dalam menggunakan media sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran sehingga membuat siswa menjadi pasif. Untuk itu guru seharusnya dituntut untuk lebih bisa mendisain atau mengemas suatu materi dengan menggunakan media pembelajara, sehingga pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan. Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Autoplay Quis Maker Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMPN 3 Sakra Timur. Tujuan dalam penelitian ini adalah: “Ingin Mengetahui pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Quis Maker Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMPN 3 Sakra Timur”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan true pre-eksperimental design, dengan bentuk one group pretest–postest design Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan true pre-eksperimental design, dengan bentuk one group pretest–postest design Populasi dalam penelitian ini adalah: seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Sakra Timur yang sebagian besar belum mampu dalam Meningkatkan Hasil Belajar, sampel yang digunakan adalah: berjumlah 20 orang siswa. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes sebagai metode pokok dan metode observasi, dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk analisis data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu: nilai t hitung sebesar 5.133 dan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N = 20 sebesar 2.093. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar dari pada nilai t pada tabel (5.133 > 2.093) sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini “signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Nol ( ) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah: Ada pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Autoplay Quis Maker Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMPN 3 Sakra Timur.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021