Proceeding Biology Education Conference
Vol 10, No 2 (2013): Seminar Nasional X Pendidikan Biologi

INTEGRASI PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA DENGAN PENERAPAN KURIKULUM 2013

Rahmawati D (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2013

Abstract

Masalah kesehatan reproduksi banyak dialami remaja, khususnya siswa SMA, seperti kehamilan yang tidak dikehendaki, aborsi, penyakit menular seksual, dan lain-lain. Permasalahan tersebut umumnya muncul dari ketidaktahuan siswa terhadap perkembangan fisik yang dialaminya ketika menginjak masa remaja, sedangkan orang tua dan guru tidak membahas hal tersebut karena masih dianggap tabu. Kenyataan ini membuat remaja berusaha mencari informasi tentang seksualitas dari sumber yang belum tentu benar, yang akhirnya membawa mereka pada tindakan yang salah. Oleh sebab itu, penyebaran informasi kesehatan kepada remaja harus diupayakan secara  tepat guna, agar dapat memberikan informasi yang benar. Salah satu upaya yang dianggap efektif terutama adalah perluasan informasi melalui  institusi pendidikan yang paling dekat dengan siswa, yaitu  sekolah, khususnya pada pembelajaran biologi. Upaya yang dapat dilakukan adalah mengintegrasikan pendidikan kesehatan reproduksi pada pembelajaran biologi di SMA, khususnya melalui penerapan kurikulum 2013. Hasil yang diharapkan adalah  kesadaran dan kepedulian terhadap kesehatan reproduksi, sehingga  remaja dapat  bertindak dengan bijaksana.  Integrasi pendidikan kesehatan reproduksi pada pembelajaran biologi di SMA  dibahas secara mendalam pada makalah ini, dan disesuaikan penerapannya dengan kurikulum 2013.  Kata Kunci: pendidikan kesehatan reproduksi, pembelajaran biologi SMA, kurikulum 2013

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

prosbi

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Proceeding Biology Education Conference was published since 2003, with title Prosiding Seminar Nasional Biologi. The early number of the journal were published ...