Jurnal Varidika
Vol 29, No 1 (2017): Volume 29 No. 1, Juli 2017

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Learning Cycle 7E (LC 7E) pada Pembelajaran Biologi Kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Bringin Tahun Pelajaran 2016/2017

Mita Mirjanah (Universitas Kristen Satya Wacana)
Susanti Pudji Hastuti (Universitas Kristen Satya Wacana)
Desy Fajar Priyayi (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa melalui model pembelajaran Learning cycle 7E dalam materi komponen ekosistem. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bringin dengan menggunakan siswa kelas X IPA 4sebagai subyek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan instrumen pengumpulan datanya berupa angket, lembar observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I siswa yang memiliki aktivitas belajar kategori baik sebesar 62,5%. Pada siklus II aktivitas belajar kategori baik meningkat menjadi 93,75% dan aktivtias belajar kategori sangat baik sebesar 6,25%. Berdasarkan hasil belajar kognitif siswa, persentase siswa yang memenuhi KKM 70 pada siklus I sebesar 43,75% meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil analisis gain score, pada siklus I siswa yang termasuk dalam kategori tinggi sebesar 43,75%, kategori sedang sebesar 21,88% dan kategori rendah sebesar 34,38%. Pada siklus II siswa yang termasuk kategori tinggi sebesar 81,25%, kategori sedang sebesar 12,50% dan kategori rendah sebesar 6,25%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model LC 7E mampu membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Melalui aktivitas belajar yang dilakukan siswa lebih mudah untuk memahami dan mengingat konsep materi sehingga hasil belajar kognitif siswa meningkat.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

varidika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The Jurnal Varidika is an open access and peer-reviewed scholarly international journal published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, and publishes twice a year (June and December). The journal focuses on publishing research article in the scope of ...