JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA SUB MATERI SISTEM GERAK PADA TUMBUHAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 NISAM

Ratna Unaida (Prodi Pendidikan Biologi Universitas Malikussaleh)
Fakhrah (Prodi Pendidikan Biologi Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Penelitian tentang “Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Berbasis Media Video Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Sub materi Sistem Gerak pada Tumbuhan di Kelas X SMA Negeri 1 Nisam” dilaksanakan pada semester genap tahun pembelajaran 2019-2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil kemampuan kognitif siswa dengan menggunakan Model Inquiri berbasis Media Video pada sub materi Sistem Gerak pada Tumbuhan kelas X SMA Negeri 1 Nisam. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik Cluster Random Sampling dan desain penelitian pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 80 siswa dan sampel adalah kelas X MIA3 (kelas eksperimen) dengan jumlah 26 siswa dan kelas X MIA1 ( kelas kontrol) dengan jumlah 25 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t dan hasil penelitian diperoleh thitung 3,34 dan ttabel 2,00 pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil kemampuan kognitif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiri berbasis media video pada sub materi Sistem Gerak pada Tumbuhan kelas X SMA Negeri 1 Nisam. Kata kunci : Model Inquiri, Media Video, Kognitif, Sistem Gerak pada Tumbuhan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jesbio

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

JESBIO memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) kritis dan komperhensif dalam bidang pendidikan biologi dan ilmu biologi ...