Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains
Vol 1 No 2 (2021): Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains

PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DAN PEMBELAJARAN BIASA (KONVENSIONAL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA : KELAS XI MA PONDOK PESANTREN MODREN DARUL HIKMAH TPI MEDAN T.A

Nuraini Fatmawati Sitompul (Mahasiswa UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matemtis siswa dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran konvensional di kelas XI MA. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen yang populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MA Pondok Pesantren Modren Darul Hikmah TPI Medan tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 34 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA), hasil temuan ini menunjukkan : 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. 2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masakah lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, 3) kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah tidak lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, 4) terdapat interaksi antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemampuan komunikasi matematius siswa. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi matematis siswa lebih sesuai diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dari pada model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

algebra

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan ...