Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran adaptif yang sesuai dengan kebutuhan siswa kelas IV Sekolah Luar Biasa Negeri Lubuklinggau. Metode Penelitian ini merupakan jenis Research and development (R&D) dari Dick and Carey yang meliputi analisis kebutuhan, analisis pembelajaran, analisis siswa dan konteks, merumuskan tujuan performansi, mengembangkan instrumen, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, evaluasi formatif dan revisi. Sampel penelitian yaitu kelas IV Sekolah Biasa Negeri Lubuklinggau dengan jumlah siswa 9 orang, 3 orang uji one to one dan 6 orang small group. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, dan kuesioner/angket.. Teknik analisis data menggunakan skala likert, uji validitas, dan uji kepraktisan. Hasil validasi desain dikategorikan sangat baik dengan jumlah persentase 81,48%. Validasi kebahasaan dengan kategori baik jumlah persentase 91,07%. Validasi materi sangat baik dengan jumlah persentase 91,7%%. Jumlah keseluruhan hasil validasi sebesar 85,64% dikategorikan sangat baik, sehingga bahan ajar telah efektif digunakan. Hasil uji coba one to one dengan kategori praktis jumlah persentase 76,67%, uji coba kelompok kecil sebesar 82,42% dan uji coba kepada pendidik dengan persentase 85 %. Jumlah keseluruhan hasil uji coba kepraktisan adalah 82,75 %. Berdasarkan hasil penelitian ini sangat praktis.
Copyrights © 2021