Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha
Vol 1, No 2 (2013): ARTICLE

MODEL KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BERGULING SENAM LANTAI

Putra Parmadi, I Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2013

Abstract

MODEL KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BERGULING SENAM LANTAI I Putu Putra Parmadi NIM. 0816011084 PENJASKESREK, FOK, Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja- Bali Tlp (0362) 32559 e-mail: putraparmadi90yahoo.com   Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar berguling senam lantai melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X D SMA Negeri 1 Bebandem tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan bentuk guru sebagai peneliti. Pelaksaaan penelitian menggunakan 2 siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi/observasi, refleksi. Subyek penelitian berjumlah 35 siswa terdiri dari 20 siswa putra dan 10 siswa putri. Hasil analisis data yang diperoleh adalah untuk persentase aktivitas belajar berguling senam lantai pada observasi awal siswa yang aktif 14 orang siswa (40%) pada siklus I siswa yang aktif 25 orang siswa (71,43%), kemudian pada siklus II 35 orang siswa (100%). Persentase hasil belajar  mengalami peningkatan diantaranya aspek kognitif mengalami peningkatan sebanyak 24 orang siswa (68,57%), pada spek afektif mengalami peningkatan sebanyak 14 orang siswa (40%) dan pada aspek psikomotor mengalami peningkatan sebanyak 13 orang siswa (37,14%). Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif NHT pada siswa kelas X D SMA Negeri 1 Bebandem tahun pelajaran 2012/2013.  Kata kunci: kooperatif, NHT, aktivitas, hasil belajar, berguling senam lantai

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Health Professions Other

Description

the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Physical education sport and health Undiksha. The journal welcomes original ...