Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievemen division (STAD) terhadap hasil belajar teknik dasar passing (menggunakan kaki bagian dalam dan kaki bagian luar) sepak bola. Penelitian ini adalah penelitian true eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian the post-test only. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 295 orang yang terdistribusi ke dalam dua kelas yaitu kelasVIIF dan kelas VIIG. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes Objektip, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 13,96 dengan standar deviasi 6,74. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 4,56 dengan standar deviasi 7,13. Angka signifikansi yang diperoleh melalui Uji t adalah p
Copyrights © 2017