ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah
Vol. 1 No. 1 (2021)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI TEKANAN ZAT PADAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK SISWA MTsN 1 BAUBAU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SURIATI SURIATI (Mts Negeri 1 Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa Kelas VIII 2 MTs Negeri 1 Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara semester genap tahun pelajaran 2019/2020 pada materi tekanan zat padat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Model pembelajaran kooperatif tipe make a match ini diujicobakan pada sesi review dengan sintak guru memberikan kartu soal kepada setiap kelompok kemudian siswa mencari kartu pasanganya (kartu jawaban) dari soal yang ada di kartu soal yang diterimanya dengan batas waktu tertentu dengan menyertakan penyelesaiannya. Siswa yang mendapatkan nilai tertinggi mendapatkan reward. Berdasarkan hasil belajar siswa pada tes awal nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 56,97 menjadi 74,24 (siklus I) dan 83,33 (siklus II). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa Kelas VIII 2 MTs Negeri 1 Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara semester genap tahun pelajaran 2019/2020 pada materi tekanan zat padat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

action

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics

Description

ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Classroom and School Action ...