Jurnal Media Wahana Ekonomika
Vol 18, No 3 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2021

Analisis Potensi dan Kontribusi Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palembang

Indah Damayanti (Unknown)
Reva Maria Valianti (Unknown)
Mursalin Mursalin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2021

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis potensi dan kontribusi pajak reklame dalam meningkatkan pendapatan asli daerah Kota Palembang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Badan Pengelolaan Pajak Daerah Kota Palembang. Variabel dalam penelitian ini adalah potensi dan kontribusi pajak reklame. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan jenis studi kepustakaan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap seluruh data yang diperoleh di Badan Pengelolaan Pajak Daerah Kota Palembang, dapat diambil beberapa kesimpulan antara lain penerimaan pajak reklame di Kota Palembang memiliki potensi yang cukup besar terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Palembang, potensi penerimaan  pajak reklame pada tahun 2020 adalah sebesar Rp 21.290.052.939. Kontribusi yang diberikan pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Palembang masih tergolong “sangat kurang” karena rasio kontribusi yang diberikan pada tahun 2016 sampai tahun 2019 rata-rata kurang dari 10%. Upaya-upaya untuk meningkatkan penerimaan pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Palembang dengan melakukan pendataan secara rutin terhadap objek pajak reklame yang baru dan yang sudah ada, serta melakukan penyuluhan/sosialisasi kepada Wajib Pajak agar melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik dan benar. Kata Kunci : Potensi, Kontribusi, Pajak Reklame, Pendapatan Asli Daerah ABSTRACTThis study aims to determine the analysis of the potential and contribution of advertisement tax in increasing the original income of Palembang City. This type of research is descriptive research. This research was conducted at the Regional Tax Management Agency of Palembang City.The variable in this study is the potential and contribution of advertisement tax. The data used are secondary data with data collection techniques using the type of study of literature and documentation.Based on the results of research conducted on all data obtained at the Palembang City Regional Tax Management Agency, several conclusions can be drawn including advertisement tax revenue in the city of Palembang having considerable potential towards the Original Revenue of the City of Palembang, the potential for advertisement tax revenue in 2020 is Rp.21,290,052,939. The contribution of advertisement tax to Palembang's Original Local Revenue is still classified as "very less" because the ratio of contributions made in 2016 to 2019 is on average less than 10%. Efforts to increase the advertisement tax revenue of Palembang's Original Local Revenue by routinely collecting data on new and existing advertisement tax objects, and conducting counseling / socialization to taxpayers to carry out their tax obligations properly and correctly.Keywords : Potential, Contributions, Advertisement Tax, Local Revenue

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Ekonomika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Media Wahana Ekonomika Merupakan Jurnal Ilmu Ekonomi yang secara khusus mengkaji tentang Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi dan Kewirausahaan. Terbit 4 kali dalam Setahun periode April, Juli, Oktober dan Januari. Terdaftar nomor di ISSN 1693-4091 (cetak) dan E-ISSN 2622-1845 (online) ...