Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh menulis ekspresif terhadap tingkat stres akademik pada pelajaran eksak. Penelitian ini melibatkan 14 siswa SMP Nuri Samarinda. Penetapan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan membandingkan hasil skala stres akademik pada pelajaran eksak menggunakan metode menulis ekspresif. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik uji beda t-test dengan bantuan komputer program Satistical Product and Service Sollution (SPSS) 15.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa metode menulis ekspresif berpengaruh terhadap tingkat stres akademik pada pelajaran eksak dengan nilai p = 0,000 ( p<0,05). Pengaruh metode menulis ekspresif terhadap tingkat stres akademik pada pelajaran eksak ditunjukkan oleh nilai t sebesar -5,611 (t tabel = 2,14479), yang berarti bahwa ada perbedaan tingkat stres akademik pelajaran eksak yang signifikan pada siswa SMP yang menulis ekspresif dengan tidak menulis ekspresif
Copyrights © 2020