Berdasaran hasil observasi di SMP Negeri 3 malunda yang merupakan salah satu SMP di Kecamatan Malunda yang menerapkan kurikulum 2013. Kendatipun telah menerapkan kurikulum 2013 akan tetapi, kemampuan menulis karangan narasi peserta didik masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Menggambarkan efektivitas media youtube pada tayangan reality show dalam menulis karangan narasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Maalunda. Jenis penelitian ini adalah Ekperimen (Membandingkan). Subjek penelitian ini adalah menulis karangan narasi yang dilaksanakan di kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 3 Malunda. Yang berjumlah 50 peseerta didik. Peneliti menggunakan Instrumen tes, observvasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik Deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media youtube hasil tes akhir mengalami perbandingan. Nilai rata-rata pretest di kelas eksperimen sebesar 66,00 dan setelah media diterapkan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 76,00. Keefektifan ini disebabkan oleh kemampuan peserta didik dalam mengamati dan memahami tayangan youtube (Jika Aku Menjadi Pencari Biawak) yang mereka saksikan, lalu menceritakan kembali isi dari tayangan tersebut. Adapun yang menjadi kendala dari penelitian ini adalah penggunaan media youtube pada tayangan reality show dalam menulis karangan narasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Malunda masih kurang diterapkan oleh guru
Copyrights © 2019