. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan media pembelajaran perkalian yakni media katela untuk operasi hitung perkalian kelas II SD di kecamatan Sulang. Metode penelitian ini mengacu pada teori Borg dan Gall, dengan menggunakan tujuh langkah pelaksanaan penelitian yakni pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, mengembangkan produk awal, pengujian lapangan, revisi, validasi, perbaikan akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif meliputi observasi pembelajaran dan validasi produk bahan ajar. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas II dan guru kelas II di kecamatan Sulang. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi ahli media, ahli materi serta ahli video animasi. Dari proses validasi ahli media diperoleh hasil rata-rata 3,6 dengan prosentase 90% dan kategori sangat baik. Validasi ahli materi memperoleh hasil 77% dengan rata-rata 3,09 dan kategori baik. Validasi ahli video animasi memperoleh hasil rata-rata 3,6 dengan prosentase 90% dan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi maka media katela untuk operasi hitung perkalian dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran
Copyrights © 2020