Buletin Poltanesa
Vol 22 No 2 (2021): Desember 2021

Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) pada Tanah Ultisol dengan Pemberian Bokashi Pelepah Kelapa Sawit

Akhmad Rizali (Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru)
Nurlaila (Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru)
Maya Septiani (Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Selada (Lactuca sativa L.) merupakan tanaman yang memiliki nilai ekonomis yang baik. Permintaan selada terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Data Base Gizi Nasional USDA (2018) menyebutkan bahwa selain sebagai bahan pelengkap nabati, dalam 100 gram selada mengandung 0,15 gram lemak, 1,36 gram protein, 2,87 gram karbohidrat, dan energi 15 kalori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis bokashi terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada. Penelitian ini dilakukan di Rumah Kaca Agroekoteknologi selama 3 bulan, mulai bulan Juni hingga Agustus. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dari faktor tunggal dan diulang sebanyak 5 kali. Perlakuan penelitian adalah pemberian bokashi dengan dosis berbeda pada media tanah dengan 5 taraf perlakuan yang terdiri dari B0 (lapisan tanah atas tanpa bokashi), B1 (lapisan tanah dengan 10 ton / ha bokashi), B2 (lapisan tanah bawah dengan 20 ton bokashi. / ha), B3 (subsoil dengan 30 ton / ha bokashi), B4 (subsoil dengan 40 ton / ha bokashi). Sehingga terdapat 5 perlakuan dalam penelitian, masing-masing perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Jadi, dalam penelitian ini terdapat 25 unit eksperimen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tanesa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

Buletin Poltanesa is a collection of research articles, scientific works, and dedication from all academic community in order to integrate information. Buletin Poltanesa provides open publication services for all members of the public, both in all tertiary educational and teacher environments and ...