Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 15 No 1 (2015): Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan

IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL INDONESIA DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA PADANG

Nurhafizah Nurhafizah Azlina Mohd. Kosn (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan atau pengimplementasian permainan tradisional Indonesia di Taman Kanak-kanak kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan September sampai bulan November tahun 2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru dan siswa Taman Kanak-kanak kelompok B1. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian data analisis dengan menggunakan teknik analisa data Miles dan Huberman dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh selama penelitian. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa : (1) Dari perencanaan yang dibuat guru terlihat bahwa Permainan Tradisional Indonesia tidak menjadi bagian dari perencanaan pembelajaran secara spesifik. (2) Dari Pelaksanaan konsep bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain di Taman Kanak-kanak tidak dijalankan sepenuhnya, terkesan hanya sebatas wacana saja, apa lagi pelaksanaan permainan tradisional Indonesia sendiri, kalaupun ada hanya sekali-sekali atau insidentil saja dan tidak terkonsep dengan baik.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education

Description

The field of education that is the main focus of this journal is the Administration of Education, Guidance and Counseling, Educational Technology, Elementary School Teacher Education, Early Childhood Education Teacher Education, Extraordinary Education, Outside School Education. The main focus ...