Adanya U-turn mengakibatkan Arus jalan menjadi tidak stabil terutama pada jam-jam sibuk. Pada Jalan Tanjungpura terdapat beberapa U-Turn telah di tutup. Hal ini menandakan adanya konflik lalu lintas yang diakibatkan oleh fasilitas putar balik tersebut sehingga harus di tutup. Hal ini yang menjadi dasar dilakukannya analisis U-Turn pada Jalan Tanjungpura dengan tujuan mengetahui pengaruh U-Turn terhadap terhadap tingkat pelayanan lalu lintas. Metode penelitian yang digunakan berupa pengumpulan data primer dan skunder kemudian dilakukan analisis untuk mencari nilai Level of Service menggunakan aplikasi vissim. Data primer diperoleh dengan survei langsung di lapangan sehingga di dapat data volume, kecepatan, dan geometrik jalan. Analisis dilakukan pada setiap titik U-turn dengan parameter yang ditinjau berupa tingkat pelayanan (Level of Service) berdasarkan panjang antrian dan tundaan. Berdasarkan analisis pada kondisi eksisting, diketahui bahwa terdapat tingkat pelayanan yang kurang baik seperti pada putaran balik U-Turn 1 dengan LOS E. Namun juga terdapat titik U-Turn yang tingkat pelayanan jalannya sudah cukup baik seperti U-Turn 5. Karena terdapat beberapa nilai Level of Service yang kurang baik, maka diberikan rekomendasi skenario untuk meningkatkan pelayanan jalan tersebut. Rekomendasi terbaik yang diberikan adalah manajemen lalu lintas berupa pengalihan arus dengan pertimbangan berdasarkan kondisi pada lapangan.Kata Kunci: Level Of Service, Tundaan, U-Turn
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021