Jurnal Nasional Holistic Science
Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Nasional Holistic Science

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Siswa Kelas X TKJ SMK Nurul Huda Kapongan Tahun Ajaran 2020-2021

Khotijah Tije, Siti (Unknown)
Shofan Razaqi, Rahmat (Unknown)
Ayani Suparto, Arico (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Berdasarkan data prapenelitian yang dilakukan, peneliti menemukan permasalahan bahwa pembelajaran Dasar Desain Grafis dilakukan dengan metode ceramah dengan di dukung media buku paket Dasar Desain Grafis, dengan metode ceramah yang monoton, penggunaan media yang kurang bervariasi dan menarik membuat siswa kurang berminat untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint dan respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis kelas X TKJ SMK Nurul Huda Kapongan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model Waterfall yang memiliki 5 tahapan yaitu tahap : Analisis Kebutuhan, Desain Produk, Validasi, Uji Coba Produk dan Pemeliharaan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh, yakni seluruh siswa kelas X TKJ SMK Nurul Huda Kapongan. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunujukkkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint berdasarkan ahli materi mendapatkan kategori layak dengan skor rata-rata 51 dan ahli media mendapatkan kategori layak dengan skor rata-rata 55. Berdasarkan respon siswa media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint mendapatkan kategori setuju dengan skor rata-rata 38,35. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

HS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Ilmu Holistik yang diterbitkan oleh Lembaga Riset Mutiara Akbar, Medan, Indonesia merupakan jurnal akses terbuka yang dapat digunakan sebagai media interaksi bagi seluruh cendikiawan di berbagai bidang pendidikan, ilmu sosial dan penelitian. Pokok bahasannya meliputi studi tekstual dan kerja ...